Senin, 14 Februari 2011

Tugas 3 : Perencanaan, Instruksi dan Teknologi

Pembahasan : Perancanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi yang tertata untuk merencanakan pelajaran. Di sini, guru perlu menentukan seperti apa dan bagaimana mereka akan mengajar. walaupun beberapa momen instruksional yang baik terkadang terjadi secara sepontan, pelajaran masih tetap harus di perhatikan dengan cermat.
Memang terkadang terasa sangat meletihkan jika harus meluangkan waktu untuk membuat rencana pelajaran. Namun, rencana ini akan membuat guru menjadi lebih percaya diri, membantu guru untuk memasukkan topik-topik yang amat penting dan dapat memaksimalkan waktu mengajar guru ketika berada di kelas.
Perancanaan instruksional mungkin di wajibkan oleh sekolah dimana tempat guru mengajar, banyak kepala sekolah dan para pengawas sekolah meminta guru untuk membuat perencanaan mereka secara tertulis dan dalam beberapa kasus guru diminta untuk memberikan hasil perencanaan belajar mereka sebelum mengajar. Ketika guru berada di kelas, para pengawas mungkin akan menilai apakah pengajaran sudah sesuai dengan rencana atau belum.
Robert Yinger (1980) mengidentifikasikan lima rentang waktu perencanaan guru yaitu, perencanaan tahunan, perencanaan term, perencanaan unit, perencanaan mingguan, dan perencanaan harian,
Yinger juga merekomendasikan agar guru juga memperhatikan empat area ketika sedang merencanakan pelajaran, yaitu tujuan, sumber informasi, bentuk rencana, dan kriteria keefektifitasan perencanaan .
Walaupun perencanaan adalah dimensi utama dari pengajaran yang efektif, jangan terlalu banyak mengatur rencana. Rencana harus di susun secara rapi dan di jalankan dengan baik sesuai denagn kenutuhan murid.

(sumber: psikologi pendidikan, John W santrock)

Permasalahan : Apakah suatu perencanaan belajar yang di buat secara tertulis oleh guru, perlu di ketahui oleh murid di sekolah? jika perlu apakah itu menjamin murid dapat lebih memahami proses belajar? jika tidak, apakah bisa menjamin perencanaan yang di buat guru sudah cocok dengan karakteristik belajar murid dalam memahami pelajaran?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar