Alasan tidak memberikan komentar
mengenai postingan Facebook
Sudah menjadi keharusan
setiap murid maupun mahasiswa untuk membiasakan diri dalam merespon stimulus yang diberikan terutama
melalui guru atau dosen. Kali ini saya akan membahas kasus yang terjadi terkait
dengan permasalahan yang di postingkan melalui jaringan sosial yaitu Facebook “Mengapa
mahasiswa Psikologi USU yang mengambil mata kuliah Psikologi Belajar TA
2012/2013 semester ganjil sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup
sehubungan dengan rencana melakukan
observasi di lapangan?”
Dalam kasus ini saya akan
memberikan penjelasan secara pribadi terlebih dahulu, alasan utama saya tidak
memberikan komentar pada postingan tersebut dikarenakan saya tidak mencari
informasi lebih lanjut mengenai tugas serta postingan yang sudah dipostingkan. Hal
kedua, dikarenakan saya jarang membuka jejaring sosial terutama Facebook oleh
sebab itu saya tidak mengetahui apa informasi mengenai postingan tersebut dan
harus memberikan tanggapan atau pendapat di postingan tersebut. Hal ini baru
saya ketahui ketika akan memasuki jam mata kuliah Psikologi Belajar tanggal 14
November 2012, dan saya mengakui bahwa ini sepenuhnya adalah kesalahan dan
ketidakpekaan saya terhadap tugas serta informasi yang telah dipostingkan. Oleh
sebab itu saya selaku mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Belajar
meminta maaf kepada Ibu Dina selaku dosen pengampu mata kuliah ini. Dan saya
akan berusaha agar kejadian ini tidak terjadi kembali.
Pembahasan berdasarkan
teori belajar :
Kasus ini bisa dikaitkan atau dibahas menggunakan
teori Bandura mengenai karakteristik
situasional yang ia kemukakan dimana terdapat karakteristik situasional yang
mempengaruhi reaksi pengamat terhadap model adalah : a) atribut model, b)
tingkat ketidakpastian tentang arah tindakan tertentu, c) tingkat penguatan
yang ada dalam situasi. Kasus ini bisa saja termasuk dalam karakteristik
pertama dimana adanya atribut modeling yang mempengaruhi kejadian ini bisa
terjadi. Dimana ketika ada teman yang tidak memberikan atau mengerjakan tugas
maka ada kecenderungan untuk tidak mengerjakannya juga, dikarenakan adanya
pikiran bahwa memang tidak ada tugas yang harus dikerjakan dan tidak adanya
orang yang harus diikuti atau memberikan stimulus untuk ditanggapi, dan hal ini
juga bisa dikaitkan karena tidak adanya motivasi eksternal yang memberikan
dorongan untuk memberikan perhatian lebih dan memberikan komentar terhadap
postingan tersebut.
Juga berkaitan
dengan tingkat ketidakpastian tentang arah tindakan tertentu, dimana banyak mahasiswa
yang tidak mengetahui harus merespon seperti apa dan harus memberikan tanggapan
seperti apa, hal ini berkaitan dengan ketidakpastiaan arah dalam merespon
stimulus. Ada beberapa orang yang berfikir untuk membeerikan komentar sewaktu
berada dikelas karena beranggapan bahwa terlalu banyaknya pertanyaan yang akan
diberikan terhadap postingan tersebut namun ternyata komentar itu harus
diberikan disaat itu juga, oleh sebab itu banyak kesalahan dan ketidakpastian
dalam tindakan yang harus dilakukan.
Menurut Jean Piaget dimana ia menyebutkan bahwa
kognitif disebut dengan skema atau struktur, yaitu kumpulan dari skema-skema. Artinya
seorang individu dapat mengikat, memahami, dan memberikan respon terhadap
stimulus terhadap stimulus disebabkan karena bekerjanya skema. Skema ini
berkembang secara kronologis, sebagai hasil dari interaksi antara individu
dengan lingkungannya. Dengan demikian seorang individu yang lebih dewasa
memiliki struktur kognitif yang lebih lengkap dibandingkan dengan anak kecil.
Berkaitan
dengan kasus yang terjadi, dimana adanya kesalahan dalam membentuk skema pada
diri saya sendiri. Dimana saya beranggapan bahwa tugas dalam mata kuliah
Psikologi Belajar ini hanya berkaitan dengan postingan individu pada blog
masing-masing. Dan tidak terfikir untuk memberikan komentar pada postingan yang
diberikan dosen pengampu melalui jejaring sosial yaitu Facebook, selain itu
setelah saya membaca postingan tersebut saya merasa cukup mengerti dengan isi
dari postingan tersebut sehingga saya tidak memberikan komentar di postingan
tersebut.
Demikian yang dapat saya analisa dari kejadian yang
terjadi pada hari ini dan kaitannya dengan beberapa teori (Bandura dan Piaget).
Semoga kejadian ini tidak terulang kembali, dan diharapkan agar mahasiswa bisa
memberikan perhatian lebih kepada mata kuliah Psikologi Belajar agar tidak ada
informasi serta tugas yang terabaikan. Sekian dan terima kasih ^.^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar