Selasa, 18 Desember 2012

Tugas Akhir Psikologi Belajar TA 2012/2013 : 19 Des 2012


Perbandingan Pemberian Tugas Pada Matkul Psikologi Belajar Dengan Matkul lainnya
          
Psikologi belajar adalah salah satu subjek mata kuliah pilihan pada tahun ajaran 2012/1013. Pada mata kuliah ini banyak terdapat perbedaan serta teknik pembelajaran yang diberikan dibandingkan dengan mata kuliah wajib lainnya. Pada umumnya pada matkul psikologi belajar ketentuan dan kurikulum pada matkul ini sama dengan yang lainnya, namun terdapat beberapa perubahan saat memasuki perkuliahan pertama kali, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan kelas dan perkembangan metode pembelajaran saat ini, itu sebabnya tugas-tugas dalam psikologi belajar berbeda dari tahun ke tahunnya. Berikut saya akan menjabarkan beberapa teknik pembelajaran dalam psikologi belajar.

1. Teknik Pembelajaran di Psikologi Belajar

  • Postingan blog per-minggu selama periode before-mid.

Tugas ini dipilih sesuai dengan kesepakatan bersama dalam kelas. Dimana setiap kelompok diminta untuk memilih masing-masing topik yang akan dibahas dalam blog masing-masing dan memiliki kewajiban untuk memahami setiap materi yang dipilih. Postingan ini bertujuan untuk membuat mahasiswa lebih aktif dalam mengolah blog, dan bertanggung jawab dalam menulis informasi yang di postingkan dalam blog, agar bisa dimengerti oleh pembaca baik itu dosen maupun orang dari luar lingkungan psikologi.
·         
  • Tugas Proyek Pembelajaran yang Bisa Digunakan Dalam Kelas

Dalam tugas kali ini kami sebagai mahasiswa ditugaskan untuk membuat rancangan pembelajaran yang bisa digunakan dalam kelas. Rancangan ini dibuat sesuai dengan topic dari masing-maisng tokoh yang dipilih oleh kelompok. Topik yang dipilih harus sesuai dengan rancangan yang dibuat, misalnya kita memilih topik mengenai sosial learning, maka kita harus membuat rancangan proyek pembelajaran yang bisa digunakan dalam kelas seperti modeling. Hal ini membantu kita untuk memahami cara belajar mengajar yang baik dan efektif disesuaikan dengan kebutuhan belajar saat itu. Mengajarkan orang lain bukanlah hal yang mudah, kita harus bisa memahami materi yang akan diberikan, memahami tujuan pembelajaran dengan jelas serta memahami cara untuk membuat orang lain mengerti apa yang disampaikan, oleh sebab itu tugas proyek ini diberikan agar mahasiswa dapat mengerti sulitnya menjalani proses belajar mengajar. Karena dengan penugasan seperti ini mahasiswa dapat mempelajari lebih jauh dan bisa menjadi bekal yang baik di masa yang akan datang.
·        
  • Tugas Lapangan (Observasi + Laporan)

Dalam tugas kali ini diberikan setelah UTS. Tugas ini diberikan berkaitan dengan materi tentang e-learning yang sedang marak digunakan pada proses belajar mengajar saat ini. Hal ini diduga efektif dalam memudahkan siswa untuk mendapatkan materi belajar dengan cara cepat dan efektif. Hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah menggunakan system ini, siswa tidak asing lagi dengan penggunaan laptop + proyektor dalam kelas dan sudah mahir dalam mengambil materi belajar di-internet sebelum pelajaran dikelas berlangsung. Dalam tugas ini, mahasiswa ditugaskan untuk mengobservasi teknik belajar di SMK TRITECH MEDAN . sekolah ini dipilih karena metode dan teknik belajar mengajar mereka yang sudah menggunakan metode tersebut. Fasilitas disekolah tersebut sudah dilengkapi dengan alat elektronik atau media yang memudahkan siswa dalam belajar dan menangkap materi belajar. Hal ini juga membantu siswa untuk bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini. Setelah melakukan observasi di sekolah tersebut, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan lapangan sesuai dengan apa yang diobservasi saat itu dan harus didasarkan pada teori yang sudah ditetapkan.



2. Perbandingan Tugas dengan Matkul Lainnya

Hampir dalam semua aspek dalam penugasan di psikologi belajar berbeda dengan mata kuliah lainnya dalam semester ini. Berikut beberapa perbedaan dalam penugasan di psikologi belajar dan mata kuliah lainnya.

  •  Mata kuliah di semester ini :

-      Tugas diberikan lebih monoton sesuai dengan kontrak diawal perkuliahan.
-      Cara belajar sesuai dengan peraturan akademik.

  • Psikologi Belajar :

-   Tugas bervariasi, hal ini terlihat dari beragam yang diberikan selama satu semester ini. Tugas diberikan sesuai dengan kesepakatan bersama dalam kelas, sesuai dengan keinginan dari setiap mahasiswa dalam kelas. Seperti, tugas postingan blog selama beberapa minggu dengan topik yang dipilih sendiri, tugas proyek pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kelas ini juga topiknya dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing kelompok, dan yang terakhir tugas observasi di lapangan yang dilakukan setelah mid-semester dan kemudian laporannya dibahas sesuai dengan topik yang sudah ditetapkan dan sesuai dengan pembahasan yang akan di observasi. Keberagaman tugas yang dilakukan selama semester ini bertujuan agar mahasiswa tidak merasa bosan dengan tugas yang monoton dan cenderung sama di setiap pertemuannya.

-     Berfokus pada pengembangan individual, hal ini terlihat dari tugas postingan yang diberikan secara individu. Dimana mahasiswa dituntut untuk memahami isi postingan yang di posting pada blog masing-masing serta didalam kelas akan ditanyakan berkaitan dengan materi belajar saat itu. Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk bisa mengembangan diri baik secara berfikir maupun keaktifan dalam kelas.

-        Berfokus pada pemahaman teori dan kemampuan dalam kelompok, dalam psikologi belajar banyak teori belajar yang dikembangkan dari beberapa tokoh yang bersangkutan. Oleh sebab itu mahasiswa diwajibkan untuk memahami setiap teori belajar yang dikembangkan oleh masing-masing tokoh tersebut. Dalam hal penugasan dalam kelompok, dituntut kerja sama dalam mengerjakan tugas dan pemahaman terhadap tugas yang diberikan. Hal itulah mengapa kelompok yang dibentuk cenderung sedikit dari umumnya, hal ini bertujuan agar masing-masing anggota mengerti setiap tugas yang diberikan dan mengerti setiap tugas yang dibahas oleh kelompok serta menghindari anggota yang tidak mengerjakan tugas karena jumlah yang sedikit otomatis tugas juga terbagi dengan rata.



3. Pembahasan Teori

Setelah menjalani selama satu semester di matakuliah psikologi belajar, saya bisa menyimpulkan teknik yang digunakan pada mata kuliah ini berkaitan dengan teori belajar yang dikemukakan oleh Skinner dan Gagne.

-      Skinner mengemukakan bahwa suatu perilaku bisa dibentuk dengan menggunakan proses belajar dengan beberapa penguatan baik itu berupa reward maupun reinforcement . hal ini terlihat pada kelas psikologi belajar tahun ajaran 2012/2013, stimulus yang diberikan oleh dosen belum tentu langsung direspon oleh mahasiswa pada saat itu juga kebanyakan diantaranya hanya memilih untuk tetap diam baik itu karena malu untuk merespons atau takut mengeluarkan pernyataan yang salah. Maka saat tidak mengeluarkan atau memebrikan respon apa-apa maka saat itu juga dosen akan memberikan punishment di dalam kelas agar mahasiswa tergerak untuk merespons stimulus yang diberikan. Karena memang faktor-faktor penting yang mempengaruhi belajar adalah stimulus yang dipasangkan dengan emosi, persepsi, stimuli diskriminatif, penguat, dan pembentukan.
Umumnya hal ini tidaklagi berlaku pada mahasiswa, namun keadaan di lapangan menunjukkan hal demikian sehingga saya merasa teori ini masih erat kaitannya dengan keadaan yang terjadi di matkul psikologi belajar.

-   Gagne mengemukakan bahwa keterampilan, apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan, aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia umumnya diakui bahwa perkembangannya sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar. Semua tugas yang dikerjakan dengan segala keterampilan yang idharuskan dalam penugasan setiap minggunya merupakan proses belajar yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar dan membantu pemahaman dalam setiap materi pembelajaran yang diberikan.
Beberapa keterampilan ditunjukkan dengan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu, dimana mahasiswa dituntut untuk bisa menghasilkan sesuatu dari ke-3 kertas yang berbeda-beda. Dalam hal ini mahasiswa dituntut untuk mengasah kreativitas dan keterampilan dalam merespons stimulus yang diberikan. Hal inilah salah satu bentuk dari proses belajar yang dimaksudkan oleh Gagne, dan bisa diaplikasikan  pada siapa saja.

2 komentar: