Kesimpulan dari hasil
perkuliahan hari ini :)
10 Oktober 2012
Pada
perkuliahan hari ini, kami diberikan tiga buah stimulus berupa, kertas HVS,
sertifikat, dan dan sebuah kertas panjang seperti kartu ucapan. Dalam keadaan
ini kami diharapkan untuk bisa merespon secara spontan barang yang diletakkan di
atas meja belajar. Kereativitas yang tinggi sangat dibutuhkan disini, untuk
mampu mengembangkan stimulus yang diberikan. Sama hal nya seperti yang sering
terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, masalah selalu datang secara
tiba-tiba dan tanpa kita bisa prediksi sehingga kita harus mampu menanggapi nya
secerdas mungkin.
Berikut beberapa stimulus yang saya
ubah menjadi beberapa barang dan mainan:
·
Kertas
HVS saya buat menjadi sebuah kapal kecil.
Pada awalnya banyak ide yang terlintas di
pikiran saya untuk membuat apa, namun karena waktu yang diberikan tidak terlalu
banyak sehingga mengharuskan saya untuk segera membuat sesuatu yang lebih awal
terlintas dalam pikiran saya.
·
Kertas
panjang yang mirip bentuk kartu ucapan saya buat menjadi sebuah papan iklan
layanan masyarakat. Hal ini terinspirasi dari stimulus yang diberikan dalam
tulisan yang tertera dalam sertifikat, yaitu sebuah acara seminar tentang
penghematan listrik untuk keselamatan bumi selanjutnya. Dari situ saya
terinspirasi untuk membuat papan iklan, untuk mengajak melakukan perubahan
kecil demi kelangsungan hidup dimasa depan yang lebih baik, dimana saya juga
mencantumkan kata-kata seperti, ‘hemat listrik’, ‘sayangi bumi’, ‘jaga bumi’, dan
‘biasakan mematikan listrik apabila tidak digunakan’.
·
Sertifikat
yang diberikan saya buat menjadi penghias meja berbentuk kipas, bisa juga
dijadikan hiasan dinding.
Dari beberapa barang yang saya hasilkan
diatas merupakan hasil dari proses belajar, dimana saya harus bisa merespon
stimulus yang diberikan dan menggunakan serta mengembang sesuatu yang baru
dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar. Seperti hal nya teori
belajar yang dikemukakan oleh B.F Skinner dimana seseorang merespon suatu
stimulus yang diberikan adalah semata-mata untuk mendapatkan suatu penguatan
yang positif (reinforcement positive) ,
teori skinner juga berada dibawah payung besar dari Behavioristik dimana
seseorang melakukan sesuatu dan merespon sesuatu berdasarkan dari apa yang ada
dilingkungannya, dan hal itulah yang disebut dengan proses belajar.
Saya menyimpulkan bahwa untuk
bisa merespon stimulus yang diberikan dengan baik,diperlukan proses belajar
yang baik dan benar. Karena tidak semua orang mampu merespons stimulus dengan
cara seperti yang baik, dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan semua itu bisa
dilatih dengan membiasakan diri untuk berfikir luas sewaktu mendapatkan
stimulus dan membiasakan diri untuk bisa memanfaatkan sesuatu yang ada
dilingkungan sekitar. Hanya dengan cara itu kita bisa mengembangkan kognitif
kita dengan baik :)
good idea and good argument Risa :)
BalasHapusAlhamdulillah, makasi bu :D
BalasHapus