Rabu, 10 Oktober 2012

Kesimpulan Kuliah Hari ini

-->
Kesimpulan dari hasil perkuliahan hari ini :)
10 Oktober 2012
Pada perkuliahan hari ini, kami diberikan tiga buah stimulus berupa, kertas HVS, sertifikat, dan dan sebuah kertas panjang seperti kartu ucapan. Dalam keadaan ini kami diharapkan untuk bisa merespon secara spontan barang yang diletakkan di atas meja belajar. Kereativitas yang tinggi sangat dibutuhkan disini, untuk mampu mengembangkan stimulus yang diberikan. Sama hal nya seperti yang sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, masalah selalu datang secara tiba-tiba dan tanpa kita bisa prediksi sehingga kita harus mampu menanggapi nya secerdas mungkin.
            Berikut beberapa stimulus yang saya ubah menjadi beberapa barang dan mainan:
·         Kertas HVS saya buat menjadi sebuah kapal kecil.
Pada awalnya banyak ide yang terlintas di pikiran saya untuk membuat apa, namun karena waktu yang diberikan tidak terlalu banyak sehingga mengharuskan saya untuk segera membuat sesuatu yang lebih awal terlintas dalam pikiran saya.






 

·         Kertas panjang yang mirip bentuk kartu ucapan saya buat menjadi sebuah papan iklan layanan masyarakat. Hal ini terinspirasi dari stimulus yang diberikan dalam tulisan yang tertera dalam sertifikat, yaitu sebuah acara seminar tentang penghematan listrik untuk keselamatan bumi selanjutnya. Dari situ saya terinspirasi untuk membuat papan iklan, untuk mengajak melakukan perubahan kecil demi kelangsungan hidup dimasa depan yang lebih baik, dimana saya juga mencantumkan kata-kata seperti, ‘hemat listrik’, ‘sayangi bumi’, ‘jaga bumi’, dan ‘biasakan mematikan listrik apabila tidak digunakan’. 



·         Sertifikat yang diberikan saya buat menjadi penghias meja berbentuk kipas, bisa juga dijadikan hiasan dinding. 

 


Dari beberapa barang yang saya hasilkan diatas merupakan hasil dari proses belajar, dimana saya harus bisa merespon stimulus yang diberikan dan menggunakan serta mengembang sesuatu yang baru dengan memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar. Seperti hal nya teori belajar yang dikemukakan oleh B.F Skinner dimana seseorang merespon suatu stimulus yang diberikan adalah semata-mata untuk mendapatkan suatu penguatan yang positif (reinforcement positive) , teori skinner juga berada dibawah payung besar dari Behavioristik dimana seseorang melakukan sesuatu dan merespon sesuatu berdasarkan dari apa yang ada dilingkungannya, dan hal itulah yang disebut dengan proses belajar.
Saya menyimpulkan bahwa untuk bisa merespon stimulus yang diberikan dengan baik,diperlukan proses belajar yang baik dan benar. Karena tidak semua orang mampu merespons stimulus dengan cara seperti yang baik, dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan semua itu bisa dilatih dengan membiasakan diri untuk berfikir luas sewaktu mendapatkan stimulus dan membiasakan diri untuk bisa memanfaatkan sesuatu yang ada dilingkungan sekitar. Hanya dengan cara itu kita bisa mengembangkan kognitif kita dengan baik :)
     

2 komentar: